• Imi Surapranata

Sophie authentique Cipete : French bakery dengan suasana homey

Beberapa hari lalu, saya berkesempatan mengunjungi sebuah café unik di daerah Cipete. Jika dilihat dari luar, café ini memang tidak terlalu mencolok apalagi akhir-akhir ini banyak bermunculan café-café fancy di area Cipete. Namun memasuki area café, kami di suguhi suasana café yang homey dengan aroma khas roti dan kopi seperti bakery-bakery di Eropa. Lantai satu di lapisi oleh lantai kayu dengan pojokan area duduk yang di penuhi oleh tanaman-tanaman alami yang subur.


Sebenarnya lantai satu sangat nyaman untuk di tempati, area-nya cukup luas, tidak ada orang, penuh dengan tumbuhan hijau dan aksesoris kayu berlawanan dengan pemandangan jalan raya yang cukup padat yang dapat di lihat dari jendela kaca besar. Namun sayangnya karena AC di lantai satu mati, di tambah berdekatan dengan dapur sehingga perputaran udaranya kurang baik dan membuat terasa pengap, kami memutuskan untuk makan di lantai 2.


Lantai dua mengusung suasana biru dan putih khas laut, tangga menuju lantai dua pun di lapisi oleh kayu yang mengeluarkan bunyi unik saat di injak dengan botol-botol biru menghiasai kedua sisinya. Dengan kursi biru muda, meja kayu serta langit-langit yang di lapisi oleh kain penutup plafon berwarna biru dan putih yang membawa kita seakan-akan berada di pantai.


Konon katanya cafe ini mengusung konsep French resto bakery dengan menggunakan bahan-bahan yang fresh, alami, organic dan rendah gula. Makanan utama yang di rekomendasikan memang adalah produk rotinya, namun karena saya sedang tidak ingin makan roti, kami memesan menu cake almond peach tart dan cheesecake, minuman schopie yang merupakan minuman utamanya café ini dan pink lady, serta sepiring steak and fries.


Saat menu minuman dan cake datang, saya agak sedikit kecewa karena minumannya disajikan dengan gelas plastik sekali pakai, padahal kami minum di tempat. Kenapa tidak di sajikan dengan gelas untuk mengurangi sampah plastik ya?


Untuk minumannya sendiri jujur saja tidak ada yang istimewa. Kuenya sendiri masih terasa dingin saat datang, sehingga harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu untuk bisa di makan. Almond peach tartnya terasa lezat tapi kulitnya agak keras saat dingin. Namun setelah beberapa saat terasa kulit tartnya buttery, terasa butter yang kaya dan gurih, bukan terbuat dari mentega murahan. Isiannya pun custard almond creamy yang tidak terlalu manis dengan potongan peach yang lembut di atasnya. Cheesecakenya sebenarnya lembut dan enak, namun tidak terlalu istimewa. Hanya saja basenya sangat terasa kuat cinnamonnya, tidak seperti rata2 cheesecake yang ada di Indonesia. Lebih seperti cheesecake yang di jual di bakery-bakery di Eropa


Saat menu steak and fries-nya datang, sejujurnya saya juga sedikit kecewa. Karena yang datang adalah beef patty yang terlihat kering dan kesepian, dengan kentang goreng yang sedikit terlalu kecoklatan tanpa ada saus sama sekali. Rasanya gatal untuk menambahkan sedikit salad atau kuah saus agar terlihat cantik secara estetik. Namun saat di potong, beef patty-nya terasa lembut, juicy dan nikmat. Kentang gorengnya juga gurih dan cranchy. Bumbunya juga sederhana, bukan bumbu yang kaya rempah-rempah, hanya garam dan merica namun terasa enak. Sayang saja penampilannya kurang estetik dan terlihat dibuat setengah-setengah padahal rasanya enak.



Saya juga memesan kue mini caneles yang merupakan best seller-nya sophie. Di jual per-4-pcs untuk ukuran mini, kue ini memiliki tekstur crispy di bagian luar dengan bau karamel yang kuat dan dalamnya memiliki rasa custard yang creamy dan chewy. Enak, tapi not kind of dessert that I will choose again.


So far, untuk pilihan cakenya lumayan enak, di tambah suasananya yang homey dan nyaman. Untuk makanan berat sendiri saya kurang merekomendasikan, mungkin karena pilihan saya yang salah. Ditambah penyajian minuman dengan gelas plastik rasanya kok agak kurang menarik ya? menyajikan dengan gelas untuk pilihan dine-in tentu saja bisa menjadi nilai daya tarik sendiri bukan?


Tapi untuk harga, sangat murah dan terjangkau. Cukup mengeluarkan 80.000-100.000 per-orang untuk bisa makan disini sambil menyelesaikan pekerjaan.


Sophie Authentique

Jl. Cipete Raya No.11, RT.6/RW.3, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410


0 komentar