• Imi Surapranata

Sayyid Anthique and Cafe, Melacca


Pintu masuk sayyid antique dan Cafe

Hari terakhir kami di Melaka, saya memaksakan diri untuk mengunjungi satu lagi kafe unik di Melaka sebelum bertolak ke Kuala lumpur. Dari beberapa kafe-kafe hipster yang banyak di rekomendasikan, saya bimbang antara dua pilihan cafe terakhir yang memiliki nuansa unik. Namun akhirnya saya memantapkan diri untuk mengunjungi sayyid anthique dan cafe karena satu alasan yang sangat penting, harga.


Sayyid Anthique dan cafe ini tidak terletak di jalan besar jonker street, namun tidak jauh dari lambang jonker walk jika kita berjalan dari bangunan merah. Agak sedikit tricky memang untuk menemukan kafe ini, karena letaknya yang kurang strategis dan kafenya yang sangat mungil.



Bagian dalam sayyid anthique

Namun akhirnya sampailah saya di kafe kecil yang dari luarnya pun membuat saya sangat jatuh hati. Bagaimana tidak, barang-barang antik seperti vespa tua dan piringan hitam terpampang dengan jelas di depan pintu kafe.


Dalamnya pun sangat unik, jam-jam dinding, telepon, lonceng-lonceng, plakat mobil dan barang-barang lain yang sangat tua dan antik menghiasi dinding kafe ini.



Jam tua dan lemari berisi botol coca cola

Bahkan ada satu lemari berisi botol coca-cola dengan design dari zaman ke zaman yang sebagian masih ada isinya. Unik sekali.


Suami saya memesan menu sarapan khas malaysia, nasi lemak disertai ayam goreng, sementara saya ingin mencicipi soto rasa melayu. Harganya pun tidak mahal, dua porsi makanan dengan 3 gelas minuman (Teh O, teh tarik dan es cincau) kami hanya perlu merogoh kocek 17 ringgit saja, atau sekitar 60.000 rupiah. Biaya makan termurah selama kami di Melaka.


nasi lemak dan soto melayu

Karena saya baru pertama kali memakan soto Malaysia saya agak takjub dengan rasanya. Komposisinya sedikit menyerupai laksa malaysia namun tidak mengandung santan. Overall, makanan yang disajikan enak, murah dan sangat terasa lokalnya. Pemiliknya pun sangat ramah dan tak segan berbincang-bincang dengan kami sambil menceritakan hobinya mengkoleksi barang-brang antik



Address 74 Lorong Hang Jebat, Melaka, 75200 Malacca (ville)

Phone 0126813505

Opening Hours Monday: 09:00 - 17:00 Thursday: 09:00 - 17:00 Sunday: 09:00 - 17:00