• Imi Surapranata

Praline & Oregano Cafe and Patisserie, Café dalam komplek hotel yang strategis



Buka puasa terakhir kami di Sukabumi, kami menyempatkan mampir di Praline&Oregano patisserie, sebuah café modern dengan desain yang minimalis dan terletak di dalam komplek kawasan hotel anugrah yang sangat strategis terletak di jalan besar. Awal masuk jujur kami agak khawatir, karena kami datang dengan pakaian kaus oblong bekas berkebun siang tadi dan sandal jepit. Sementara kawasan hotel dan cafenya dari luar nampak elegan dengan desain hitam klasik dan paduan tulisan keemasan. Kalau di Jakarta, mungkin kami akan menjadi bahan cibiran dan gosipan dari waitress dan pengunjung karena dress code kami yang salah dan kampungan.


Begitu masuk ke dalam cafe, kami di sapa oleh jejeran cake-cake lucu yang menggugah selera di dalam rak pendingin. Kawasan café di bagi menjadi area sebelah kanan yang merupakan area outdoor dan smoking, serta area sebelah kiri yang merupakan area indoor yang non-smoking.


Area outdoor diisi oleh kursi-kursi terbuat dari beton dan besi dengan atap dan pembatas ke jalanan yang terbuat dari kaca. Deretan pohon-pohon hias tampak menghiasi sebagian besar area outdoor dengan plafon di hiasi oleh kain putih yang berpadu serasi dengan nuansa kafe yang hitam dan abu-abu. Area ini cukup luas dan asri dengan hembusan angin kota Sukabumi yang cukup sejuk.



Jika memang anda tidak keberatan dengan asap rokok dan suara hilir mudik kendaraan yang berlalu lalang di luar, anda bisa memilih area outdoor di café ini. Namun jika anda lebih menyukai kesunyian atau terganggu dengan asap rokok, area indoor bisa menjadi pilihan. Area indoor ini di desain agak sedikit berbeda dengan area outdoor. Masih dengan dominasi warna hitam dan abu-abu, sofa-sofa besar berwarna kelabu dan lantai geometris kehitaman tampil menghiasi cafe ini. Sayangnya jika area luar dihiasi oleh pohon hias sungguhan, pepohonan di area dalam lebih di dominasi oleh pohon-pohon plastik.


Walaupun pakaian kami salah kostum, alhamdulillah pelayan menyambut kami dengan sangat ramah. Kami datang tanpa reservasi terlebih dahulu. Cukup khawatir karena pengalaman kami sebelumnya di frances café yang kurang menyenangkan, kami sengaja mewanti-wanti teteh waitress-nya untuk menyajikan teh panas terlebih dahulu begitu waktu berbuka tiba.


Menu yang disediakan cukup banyak, mostly western food. Harga yang di tawarkan sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi mengingat tempatnya yang elegan dan terletak dalam komplek hotel, saya awalnya agak khawatir soal rasa. Karena bagi saya, sulit mendapatkan makanan enak yang murah di tempat yang nyaman.


Kami memesan menu minuman Dilmah English Breakfast tea untuk berbuka puasa, mango juice, cookies and chocolate praline frappe dan avocado coffee, sementara untuk menu dessert pembukanya kami memesan chcolate truffle cake dan ice teler cake.


Jujur karena standar kami sudah jatuh akibat memesan makanan di frances cafe minggu lalu (jika ada waktu dan mood saya akan membahas pengalaman kurang baik kami di frances cafe), saya cukup puas dengan pelayanan di praline yang sangat cepat dan ramah, terutama saat menjelang berbuka puasa. Kue-kue yang disajikan pun terasa lezat. Chocolate truffle cake yang disajikan adalah cake coklat lembut dengan paduan butter coklat manis dan ganache coklat pahit. Sementara ice teler cake yang sangat di rekomendasikan oleh waitress rasanya seperti... es teler. Mungkin bagi sebagian orang terasa nikmat, tapi bukan buat saya.





Sementara untuk makanan besar kami memesan salad, praline beef burger, pizza quattro carni dan margherita pizza. Saya terlalu sering mereview tentang salad, jadi tidak perlu saya review ulang karena rasanya tidak berbeda jauh dengan tempat makan lain.


Yang menjadi rekomendasi saya adalah praline beef burger. Daging burger yang disajikan sangat tebal dan di racik oleh bumbu-bumbu sederhana yang tidak terlalu kuat. Daging di panggang medium well dengan telur mata sapi setengah matang di atasnya. Paduan daging yang tebal, juicy dan gurih dan di lumuri oleh kuning telur setengah matang yang kental sungguh merupakan suatu perpaduan yang sangat pas.



Pizza yang disajikan juga adalah pizza tipis dan crispy dengan toping lezat dan bumbu yang tidak berlebihan. Pizza quatro carni merupakan menu yang di rekomendasikan oleh pelayan, dengan toping saus tomat, mozarella, daging sapi dan sosis. Sementara margherita pizza di sajikan oleh toping dominan keju dan irisan daging asap.


Kunjungan berikutnya ke praline, kami memesan menu Asian food yaitu iga bakar madu dan dori Padang sauce. Menu iga bakar di sajikan dengan nasi putih, emping, sambal hijau dan kuah sop iga yang lezat. Bumbu madunya yang manis pun terasa nikmat dan pas. Namun sayangnya daging iganya terdiri dari 50% lemak dan 25% tulang, sehingga kami kurang puas mencicipinya. Dori padang sauce yang disajikan juga lezat, ikan dorinya di goreng renyah dengan porsi yang cukup banyak dan saus yang kental. Namun walaupun begitu bagi saya kedua menu asian yang kami pesan tidak terlalu istimewa. Jika berkunjung ke Praline&Oregano, saran saya pesanlah menu western-nya, teruma praline beef burger.



Untuk minumannya sendiri saya memesan es kopi gula aren, mint mojito dan jus strawberry. Tidak ada yang istimewa untuk es kopi gula arennya, karena seperti yang saya berkali-kali bilang, sampai saat ini saya belum menemukan cafe di Sukabumi dengan rasa kopi yang pas. Namun mint mojito di praline bisa di bilang merupakan menu minuman favorit saya saat ini. Kesegaran soda, pedasnya daun mint dan asamnya irisan lemon yang berpadu sangat tepat menikmati makan kami. Saya juga mencicipi American chocolate cake, cake coklat yang disiram dengan ganache coklat. Namun kalau disuruh memilih antara kedua cake coklat di praline, saya lebih menyarankan untuk memesan chocolate truffle cake.


Jika anda berkunjung ke Sukabumi, datanglah sekali-kali ke Praline&Oregano. Ruangan outdoor bisa anda pilih jika mencari suasana yang hangat dan terbuka, namun jika anda memilih suasana yang tenang untuk bekerja, ruangan indoor bisa menjadi alternatif.




Praline&Oregano Cafe&Patisserie

Jln. Suryakencana no. 82 Hotel Anugrah, Sukabumi 43113 Indonesia


0 komentar