• Imi Surapranata

PHO MUSLIM, Hidangan pho halal di Ho Chi Minh

Diperbarui: Agt 21


pho

Makanan Vietnam sebenarnya tidak kalah terkenalnya dengan makanan Thailand. Jika berjalan-jalan di Amerika atau Eropa, rumah makan Vietnam dan Thailand akan sangat mudah untuk ditemui. Sayang memang sebelum mengunjungi negeri uncle Ho ini saya hanya sedikit mengetahui tentang santapan Vietnam


Saat mengunjungi Ho chi minh, saya sempat merasa pesimis akan sulit menemui makanan lokal halal. Namun ternyata hotel saya terletak di antara dua masjid besar di Ho chi minh city. Mudah sekali menemui makanan halal dengan istilah-istilah yang sulit untuk saya ingat. Ada Pho, Cha Ca, Mi Quang, Nom Hua Choi, Bun Bo Hue, Goi, dll


Salah satu makanan yang paling terkenal di Vietnam adalah Pho, mie ala Vietnam yang disajikan dengan potongan daging tipis dengan kuah jernih yang terbuat dari kaldu sapi dan rempah-rempah. Banyak yang merekomendasikan ke saya untuk mendatangi rumah makan pho muslim, rumah makan yang menjual pho halal di Ho Chi Minh. Ternyata pho muslim hanya berjarak 2km dari hotel saya.


Restoran ini terletak persis di belakang Nancy Mosque di kota Saigon. Saya, baba dan Rana berangkat dengan menaiki taksi karena hari agak sedikit mendung. Sayangnya memang tidak semua supir taksi mengetahui tentang Nancy Mosque atau islamic centre.


Jadi jika ingin mengunjungi rumah makan Pho muslim menggunakan taksi, cukup katakan Ho Chi Minh city police headquarters di seberang Trang Huang Do street. Masjid Nancy terletak persis di depan kantor polisi tersebut.


Nancy mosque, gambar saya ambil dari pinterest


Turun dari taksi kami memasuki gang kecil di perumahan-perumahan sempit. Ternyata di kanan dan kiri jalan berjejer banyak sekali rumah makan-rumah makan tradisional yang menyajikan makanan halal. Mungkin daerah ini adalah kawasan perumahan komunitas muslim di Saigon.


Berjalan tidak jauh kami menemukan warung Pho Muslim yang di maksut, yang ternyata hanya sebuah kedai kecil tradisional dengan meja dan kursi yang berjejer di pinggir jalan.


warung pho muslim

Pemilik kedai tidak jago berbahasa inggris namun bisa berbicara bahasa melayu sedikit-sedikit. Beliau sangat ramah dan tak segan untuk bertanya dan berbincang-bincang dengan kami.


Kami memesan 2 buah porsi Pho Vietnam. Satu porsi pho menggunakan mie beras dan satu lagi menggunakan mie kuning. Kami juga memesan es kopi susu, es kopi vietnam dan es milo.


hidangan yang kami pesan


Bapak penjual dengan baik hatinya memberikan kami porsi ekstra dan gratis untuk Rana. Waah... padahal saya dan suami berniat mencicipi snack-snack halal di salah satu warung yang kami jumpai saat berjalan tadi.


Porsi Pho yang diberikan pun sangat besar dan mengenyangkan, bahkan porsi gratis yang diberikan untuk Rana sama besarnya dengan yang dijual di salah satu restoran pho di Jakarta.


Daun-daunan, ada daun bawang, daun ketumbar dan daun-daun lain yang tidak saya kenal

Bapak pemilik kemudian menginstruksikan kami untuk menambahkan daun-daunan dalam porsi banyak di hidangan kami. Beliau bilang, dedaunan itu akan menambah rasa dari yang disajikan oleh semangkuk pho tersebut.


Ternyata memang daun-daun herbal tersebut memberikan rasa unik tersendiri dari pho. Saya tidak kenal dengan nama beberapa dedaunan itu, hanya daun ketumbar dan daun bawang. Namun memang perpaduan rasa asli pho dan campuran herbal tersebut memberikan keunikan rasa tersendiri.




Padahal kaldu phonya saja sudah sangat terasa sekali, gurih dan tidak terasa enek. Jika dibandingkan dengan hidangan Thailand, memang makanan Vietnam lebih jernih dan tidak mengandung santan. Keunikan rasa pho ditambah perpaduan herbal-herbal dedaunan sangat pas di lidah saya.


Hidangan ini menurut saya sangat cocok dimakan saat hari hujan atau ketika tidak enak badan, ringan dan menyegarkan.


Itadakimasu


Kami cukup merogoh kocek 130.000 VND atau setara dengan 80.000 rupiah saja untuk 2 mangkok besar pho (beserta satu mangkok gratis untuk Rana) disertai es kopi vietnam, es kopi susu dan es milo. Tentu saja harga yang sangat murah sekali untuk makanan yang enak ini.


Warung ini ternyata menyediakan dua jenis makanan yang berbeda dalam satu hari, pho di pagi hari dan bun bo hue di sore hari. Sayangnya kami tidak sempat mencicipi bun bo hue ala rumah makan pho muslim, mungkin lain kali jika berkesempatan ke Vietnam lagi kami akan mencobanya.


Jika anda berkesempatan untuk mengunjungi Ho chi minh, saya sangat menyarankan untuk mendatangi kedai ini dan mencicipi pho vietnam yang halal dan enak.


Jam buka : 6:00am – 1:00pm (pho) / 4:00pm – 10:00pm (bun bo hue) Alamat : District 1, Nancy Mosque, Ho Chi Minh. Arah jalan : Naik taksi menuju Nancy Mosque (Masjid Jamiul Islamiyah) dan jalan kaki di gang kecil di samping masjid. Pho muslim hanya berjarak 2-3 menit dari masjid.


#kulinerhalal #berkelilingasiatenggara #vietnam #travellinghalal #travelbersamaanak