• Imi Surapranata

Percobaan Gunung berapi

Akhir tahun lalu musibah baru saja menimpa Indonesia lagi, tsunami yang disebabkan oleh erupsi gunung berapi terjadi di wilayah Banten dan Lampung. Konon tersangka utamanya adalah anak gunung krakatau yang berada di perairan selat sunda.


Kebetulan, Rana juga sedang sangat tertarik dengan gunung berapi, terutama mons olympus, gunung berapi tertinggi di tata surya.



Saya mencoba menjelaskan sedikit ke Rana tentang gunung berapi dan aktivitasnya. Tapi menjelaskan peristiwa sains luar biasa ke anak 5 tahun bukanlah pekerjaan yang mudah. Artinya, saya harus mencari cara bagaimana menjelaskan materi apa saja yang terdapat di dalam gunung, dan fenomena apa yang terjadi sehingga ada ledakan dan erupsi.


Salah satu aktivitas yang kelihatannya menarik untuk menjelaskan fenomena ini adalah dengan melakukan percobaan gunung berapi. Saya mencoba memasukkan unsur seni disamping ilmu pengetahuan agar membuat Rana tertarik melakukan eksperimen ini. Kami menggunakan kardus bekas sebagai tanah, perumpamaan untuk planet mars sebagai kampung halaman mons olympus. Lalu botol air bekas kami gunakan sebagai inti dari gunung, yang kami tempelkan di tengah-tengah kardus bekas. Langkah selanjutnya adalah membuat gunung, kami memakai sisa-sisa majalah yang sudah tidak terpakai dan membuat pondasi gunung di sekitarnya.


Pada awalnya saya berniat menggunakan plastik hitam sebagai lapisan luar gunung, tapi Rana punya ide lain. Karena dia sangat suka melukis, akhirnya kami memutuskan menggunakan kertas bekas sebagai lapisan luar gunung dan mengecat seluruh sisi gunung dengan warna coklat.


Lalu masuklah kami ke bagian eksperimen sesungguhnya, gunung berapi. Disini saya menggunakan soda kue dan cuka sebagai bahan utamanya, beberapa sumber menyebutkan minuman soda dan permen mentos bisa digunakan. Tapi saya menghindarinya karena saya tidak mau eksperimen ini mengundang semut-semut nakal ke studio Rana.



Saya meminta Rana memasukkan soda kue ke dalam botol, kemudian menuangkan cuka yang sudah diwarnai ke dalamnya. Sayangnya cukanya kurang berwarna sehingga warna yang keluar putih bukan merah sesuai yang kami mau. Tapi Rana suka sekali dengan eksperimen ini, dia request untuk melakukannya lagi di lain kali.




Lalu bagaimana saya menjelaskan tentang fenomena gunung berapi ini ke anak 5 tahun? Saya mencoba menjelaskan tentang cairan yang keluar itu, lava, dimana banyak terkandung gas-gas didalamnya yang menyebabkan tekanan. Seperti halnya cuka, ketika bertemu dengan baking soda akan mencipatakan gas (karbondioksida) yang berusaha keluar karena adanya tekanan di dalamnya. Mendengar kata gas, Rana menyebutkan satu persatu planet yang terbuat dari gas, apa aja hayo?


Video esperimen bisa di cek di youtube channelnya Rana ya, semoga bermanfaat