• Imi Surapranata

MARDIN BAKLAVA, mencicipi dessert khas negri al-fatih

Beberapa saat yang lalu saya sedang mengalami kegentingan dan kestressan yang luar biasa. Di tengah-tengah kejenuhan, saya menghabiskan waktu untuk searching mouth-watering dessert in Jakarta. Kemudian saya memposting pertanyaan di instagram untuk meminta saran dan pendapat tempat dessert di Jakarta yang rasanya tidak biasa.


Ada yang memberi saran kafe A atau restoran B atau bakery C, tempat-tempat yang hampir semuanya sudah pernah saya cicipi dan menurut saya overprice. Kenapa overprice? Karena harga tidak sebanding dengan rasa. Rasa yang biasa-biasa saja, penampilan juga biasa tapi dijual dengan harga yang terlalu tinggi.


Sampai kemudian sepupu saya merekomendasikan tempat yang bernama MARDIN BAKLAVA, patisserie. Konon katanya tempat ini menjual dessert khas negrinya al-fatih, baklava. Wah.. kebetulan saya sama adik saya tadinya memang merencanakan untuk pergi ke Turki awal tahun ini yang ternyata, batal. Gagal pergi ke Turki, tidak ada salahnya untuk tetap bisa mencicipi makanannya bukan?


Setelah mencari informasi tentang mardin baklava, saya dan adik-adik saya akhirnya memutuskan untuk berangkat ke sana. Lokasinya terletak di Jatinegara, cukup jauh memang dari Depok. Dan menurut harga yang kami lihat di gojek, kami sudah mengira-ngira akan menghabiskan sekitar 700-1juta rupiah disana.


Mardin baklava ini terletak di ruko kecil pinggir jalan, uniknya, bagian luar ruko dibuat ruangan tambahan yang terbuat dari kaca untuk kafe kecil. Suasananya khas suasana kafe di timur tengah.


Alhamdulillah, ternyata harga untuk makan di tempat tidak semahal harga yang tertera di Gojek, bahkan hampir 2/3-nya. Ada beberapa jenis baklava yang terpampang, tiap baklava ini dijual berdasarkan harga per-kg nya, harganya berbeda-beda, dari 200-1juta perkgnya. Untuk pembelian take away minimal harus membeli ¼ kilogram, sementara untuk makan di tempat boleh hanya memesan per-pcs yang nantinya akan ditimbang sesuai harga yang tertera.


Macam-macam baklava di mardin baklava

Karena saya ber-empat dengan adik-adik saya, ditambah 2 anak balita dan 3 bayi, kami memutuskan untuk mengambil paket baklava campur. Kami memesan paket mix ¼ kilogram. Hanya dengan merogoh kocek 250 ribu rupiah kami bisa memilih baklava jenis apapun yang kami mau. Tapi karena memang kami ingin mencicipi semuanya, saya meminta minimal 1 pcs tiap jenis baklava untuk dimasukkan.



Paket mix 1/4 kg baklava

Kalau anda pernah mencicipi baklava langsung di negrinya, anda pasti tahu penganan satu ini rasanya manis sekali, tapi tidak dengan baklava di mardin ini, baklavanya tidak terlalu manis, mungkin sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Favorit saya dari semua jenis yang disajikan adalah pistachio baklava, baklava dengan isian kacang pistachio hijau. Kulit pastrynya renyah dan gurih, dengan isian kacang pistachio yang lembut dan tidak terlalu manis. Pistachio yang digunakan pun tidak main-main, mereka menggunakan kacang pistachio secara full, wajar jika baklava ini katanya adalah baklava yang paling mahal di mardin, sekitar 800 ribu per-kg, atau 20 ribuan per-pcs kecil. Tapi menurut saya tidak terlalu mahal untuk rasa yang disajikan.


pistachio borma, gambar saya ambil langsung dari instagram mardin


Selain itu kami juga memesan 2 piring kunafe atau penganan khas Turki selatan yang terdiri dari lapisan pastry berbentuk mie yang disiram gula dan dilapisi keju mozarella. Rasa pastry dan gula yang di goreng memberikan sensasi renyah yang di satukan dengan lelehan lembut mozarella. Rasanya enak, penyatuan manisnya gula karamel dan asinnya keju dan pastry bercampur dengan baik. Secara pribadi saya sangat merekomendasikan penganan satu ini bagi siapapun yang makan di mardin



Dua piring kunafe dan segelas teh turki, mardin baklava


Tidak lupa saya mencicipi secangkir kopi dan teh turki, untuk menetralkan rasa manis dari semua hidangan yang sudah kami cicipi


So far, Mardin masuk saya masukkan kedalam kategori tempat makanan di Jakarta yang worthed it bagi saya. Saran saya jangan datang sendiri, datanglah bersama kawan atau keluarga, terutama kalau anda kurang begitu suka makanan yang manis.


Mardin Baklava Patisserie

Jl. Cipinang jaya raya no.74, Cipinang besar selatan, Jatinegara


- Apakah saya akan merekomendasikan tempat ini untuk orang lain? Tentu saja, dimana lagi kita bisa merasakan sensasi makanan turki di Indonesia selain kebab?

- Apakah saya akan kesini lagi dan repeat order? Saya berkali-kali ingin mencicipi kunafe lagi, tapi membayangkan jauh (dan macetnya) Depok ke Jatinegara, ugh! Sayang sekali harga yang tertera digojek terlalu mahal

- Apakah rasa sesuai dengan harga? YA!

- Harga? $$$