• Imi Surapranata

KOPI PONO X BLOOMSBURRY; Small cafe with Georgeous and Affordable cake




Dua minggu lalu saat saya berulang tahun, suami mengajak kami untuk makan di luar mencicipi kue-kue enak dengan harga terjangkau. Berdasarkan hasil browsing di instagram, saya mengajak suami untuk mengunjungi cafe ponoxbloomsberry di daerah kemang, karena dari beberapa foto di instagram kelihatannya kafenya menyajikan kue-kue yang sangat menarik dan unik. Bloomsberry ini sendiri adalah sebuah patisserie yang terletak di dalam kafe pono, sebuah kafe kecil di kawasan kemang


Saat masuk saya sebenarnya agak sedikit malas karena tempatnya ramai sekali. Design kafenya unik dengan dominasi warna hijau tosca dan pink, dekorasi kursi dan mejanya pun unik dan terlihat nyaman. Wajar kalau ramai memang, karena setiap sisi rasanya sangat menarik untuk di poto dan bersifat instagrammable. Namun karena kami datang saat weekend, tempatnya benar-benar ramai sampai saya merasa kurang nyaman karena gaduh dan berisik.


Beruntung ada satu tempat duduk di belakang yang agak terasing dari keramaian. Harga yang ditawarkan juga sepertinya tidak terlalu mahal, terlihat dari cukup banyak anak muda -sepertinya mahasiswa- yang duduk-duduk sambil mengerjakan tugas. Awalnya saya sudah berprasangka buruk kalau makanannya akan tidak enak, karena bagi saya makanan itu terdiri dari tiga unsur; rasa, penampakan dan harga. Kalau rasa enak dan penampakan menarik, pasti harganya mahal.


Dilihat dari foto-foto di instagram kue-kue yang disajikan sangat menarik, bukan hanya sekedar slice cake biasa, sedikit memberikan kesan artisan patisserie. Rasanya kalau penampakannya menarik dan harga murah, pasti rasanya tidak terlalu enak bukan?


Suami saya memesan kopi pono spesial, yang merupakan signature drink-nya kopi pono. Es kopi yang disiram dengan susu strawberry. Saya sendiri kurang suka dengan kopi pono spesialnya, bukan karena tidak enak, tapi memang karena saya kurang menyukai susu rasa strawberry. Namun overall sebenarnya rasanya tidak masalah dan tidak terlalu manis. Kalau kamu menyukai susu strawberry pasti akan suka dengan rasa kopi pono spesial ini.


Sementara saya memesan es kopi pono series dengan pilihan rasa frozen coffee. Cara penyajiannya cukup unik, saya mendapatkan satu nampan yang terdiri dari 4 gelas kecil. Satu berisi coffee frozen ball yang pahit, satu berisi susu yang gurih, satu berisi saus coklat yang pahit, dan satu lagi adalah jelly kopi yang manis. Ada kartu kecil berisi petunjuk pembuatan es susu kopi sesuai selera kita.




Karena cafe Kopi Pono ini berbarengan dengan patisserie, kami memesan dua buah kue yang unik.

Yang pertama adalah Chocolate Treasure; menurut mas-masnya, kue ini adalah menu rekomendasi dan paling sering di pesan. Kue ini terdiri dari cake bola coklat dan di sajikan dengan saus coklat yang hangat dan es krim vanilla. Di sekelilingnya ada garnish meringue cookies berwarna pink.


Penampakannya sangat cantik sekali sehingga rasanya sayang untuk memakannya. Kami harus menyiram saus coklat hangat itu ke bola coklat terlebih dahulu sampai meleleh. Perpaduan pahitnya coklat dan manisnya eskrim vanilla dan meringue sangat pas sekali di mulut. Tidak membuat eneg karena terlalu pahit ataupun terlalu manis


Kue kedua yang kami pesan adalah Lemon White Chocolate, salah satu signature cake-nya bloomsberry. Kue ini pada dasarnya adalah vanilla cake dengan cream dan custard lemon dan dihias dengan coklat putih dan serpihan biskuit almond. Rasa cakenya lembut, dengan krim lemon asam yang tidak terlalu manis. Kalau bukan penggemar manis, kue ini bisa menjadi salah satu pilihan karena rasanya yang asam dan menyegarkan.


Selain kue dan kopi, cafe ini juga menyediakan menu berat. Menu berat yang kami pesan adalah spageti carbonara dengan dori. Rasanya sangat pas, tidak terlalu creamy dan bumbunya juga tidak terlalu berlebihan. Terlebih potongan ikan dorinya cukup besar untuk harganya yang tidak terlalu mahal.


Kalau ada waktu luang, saya sangat merekomendasikan untuk datang ke kafe ini. Namun sebaiknya hindari datang saat weekend karena kafenya luar biasa ramai sekali.