• Imi Surapranata

KOPI BUMI : Café minimalis dengan suasana alam



Jika berkunjung ke kota Sukabumi, cobalah sesekali datangi kopi bumi. Kafe unik yang terletak di pinggir jalan besar menuju tempat wisata Taman Nasional Gunung Pangrango ini mudah di akses dan dilewati jalur angkot.


Sekilas dari luar, kafenya terlihat unik karena terdiri dari bangunan-bangunan yang terbuat dari kaca berbentuk segitiga. Warnanya didominasi oleh hitam dan coklat tua namun tidak terlihat gelap dan suram karena hampir seluruh bagian dindingnya adalah kaca. Area indoor memang hanya tersedia untuk 3 meja saja, namun area outdoor-nya luas dan menghadap ke sawah.


Saya sendiri sebenarnya lebih menyukai area outdoornya, namun sayang seperti halnya rumah makan yang menyediakan area outdoor lain, ada saja orang yang merokok disana. Akibatnya saya lebih memilih untuk memesan makanan di area indoor.


Meja barista menghadap ke pintu di temani oleh sebuah robot besar dan motor Harley Davidson. Karena area outdoor lebih luas, akibatnya kami hanya satu-satunya pengunjung yang memilih memesan makanan di dalam. Sehingga suasananya sepi dan tenang.


Menu khas yang bisa di pesan di kopi bumi adalah kopi print. Saya dua kali mengunjungi kopi bumi dan selalu memesan kopi print. Kita tinggal mengirimkan foto yang ingin kita gunakan menggunakan aplikasi whatsapp, dan voila! Foto itu akan terpasang dalam secangkir latte art. Susu yang digunakan dalam pembuatan latteenya-pun terasa gurih dan unik.




Menu lain yang saya sukai di kafe ini adalah menu lemon tea-nya. Segelah es teh dingin dengan irisan lemon yang segar. Rasa teh hitam yang digunakan menyatu pas dengan asam lemonnya, tidak terlalu asam dan tidak terlalu pahit.


Kafe ini juga menyediakan berbagai menu kudapan yang bisa kita pesan sambil menikmati pemandangan. Harganya pun jauh lebih murah di banding menu serupa yang biasa saya pesan di Jakarta. Karena kopi susu banyak di jual di kafe-kafe kekinian sejak era sebelum COVID, saya mencoba salah satu kopi susu mereka dengan sirup hazelnut. Namun sayang sekali bagi saya rasa kopi susunya kurang pas. Takaran perbandingan kopi-susu-dan sirup hazelnutnya kurang sesuai, akibatnya rasa kopinya malah tertutup oleh manisnya sirup hazelnut. Seperti minum susu di tambah sirup yang terlalu banyak. Namun bagi pecinta manis mungkin bukan suatu masalah yang besar.


Kelebihan utama dari kafe ini adalah area outdoornya yang luas dan menawarkan pemandangan sawah yang alami. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, ditemani secangkir kopi dan sepiring kudapan, pekerjaan yang tertunda pun bisa di selesaikan dengan baik.



Kopi Bumi Sukabumi

Jalan Kadudampit Gunung Jaya Cisaat Sukabumi

Buka

Senin-kamis : 11.00-20.00; Jumat buka dari jam 13.00

Weekend : 09.00-21.00

0 komentar