• Imi Surapranata

GYUMON, mencicipi Yakiniku halal di sekitar Tokyo

Diperbarui: Agt 21


Yakiniku halal

Pada tahun-tahun saya tinggal di Jepang, beberapa kali kampus mengadakan acara party di rumah makan yakiniku atau shabu-shabu, disitu saya hanya bisa menelan ludah saat kolega memakan wagyu sementara di piring saya hanya ada udang atau cumi-cumi. Saat itu memang di Jepang tidak banyak restoran halal tersedia.


Akhir-akhir ini restoran halal mulai banyak bermunculan di Jepang, terutama di kota besar seperti Tokyo atau Osaka. Salah satu yang menjadi list saya setiap mendatangi Jepang adalah mencicipi wagyu halal Jepang


Namun sayangnya mencicipi daging wagyu, terutama yang halal, akan merogoh kocek setidaknya 5.000 yen per-orang, atau 600.000 rupiah. Padahal rumah makan ini belum tentu menyediakan fasilitas all you can eat. Tentu harga segitu masih diluar batas kemampuan saya.


Beruntungnya secara tidak sengaja saya membaca sebuah review tentang restoran yakiniku/shabu-shabu halal di sekitar Tokyo yang masih masuk akal harganya di kantong saya. Walaupun tidak menyajikan daging wagyu, setidaknya saya masih bisa merasakan sensasi bakar-bakar daging di Jepang.



Restoran ini bernama Gyumon, terletak tidak jauh dari stasiun Shibuya. Kami cukup menaiki JR line dari airbnb kami menuju stasiun Shibuya. Gyumon terletak kurang lebih 8 menit berjalan kaki dari pintu south exit stasiun Shibuya.



Sayangnya saya datang saat jam makan siang, dimana restoran penuh dan saya belum melakukan reservasi. Pelayan restoran meminta saya untuk datang sekitar satu jam lagi. Jadi kalau kamu memang berniat untuk mencoba makanan di restoran ini, buatlah reservasi terlebih dahulu.


Dari luar penampakan Gyumon seperti kebanyakan restoran Jepang pada umumnya, kecil dengan pintu geser kayu yang tradisional.


Penampakan luar Gyumon


Dalamnya pun tidak luas, antar kursi di atur berdekatan. Namun Gyumon memberikan suasana tradisional khas rumah makan BBQ di Jepang dengan interior kayu dan penyedot asap besar di atasnya.


suasana dalam Gyumon sangat tradisional


Satu porsi Gyumon dihargai sekitar 1.700 yen atau 200.000 rupiah, jauh lebih murah dibanding apa yang ditawarkan rumah makan wagyu. Satu porsi terdiri dari beberapa iris daging sapi, daging ayam, nasi putih, kuah sup dan salad.


porsi yakiniku di gyumon


Daging yang disajikan pun masih segar, bukan potongan daging beku. Setiap meja di berikan 1-2 pemanggang dari arang tergantung berapa orang yang akan duduk di meja itu. Karena saya hanya makan berdua Rana, kami diberikan satu buah pemanggang arang tradisional


Pemanggang yang disediakan di gyumon


Ini pertama kalinya Rana makan di rumah makan dengan penghisap asap besar di atasnya, dia terus-terusan mengomentari tentang penghisap asap itu dan fungsinya :D.


Kami berdua makan dengan sangat lahap, maklum karena harus menunda makan siang satu jam.


satu porsi cukup untuk kami berdua


Jadi kalau kamu berencana untuk liburan ke Tokyo dan ingin merasakan sensasi makan yakiniku di retoran tradisional Jepang yang halal, tidak ada salahnya mengunjungi rumah makan ini.


Alamat : 3-14-5 Shibuya, Tokyo 150-0002, Japan

Petunjuk jalan : Ambil pintu south exit di stasiun Shibuya jalan terus melewati jembatan kira-kira 8 menit berjalan kaki sebelum perempatan besar.


#kulinerhalaljepang #reviewmakananjepang #berkelilingjepang #travellinghalal #travelbersamaanak