• Imi Surapranata

Giyanti Coffee Roastery Menteng; cafe bernuansa homey dengan variasi kopi yang beragam

Dalam perjalanan pulang dari nikahan kerabat, kami sekeluarga berniat mengunjungi satu buah coffee shop yang berada searah jalan pulang. Google Map mengarahkan kami ke sebuah café di daerah Menteng, yang jika dilihat dari foto-fotonya tampak unik. Namanya Giyanti, sebuah café roastery. Sayangnya ketika tiba pukul lima kurang, satpam mengatakan kalau café hanya terima order sampai pukul lima dan setengah enam sudah tutup.



Akhirnya kami memutuskan untuk datang lagi keesokan harinya. Dari luar tampak bangunan bercorak arc deco yang terletak di Jl. Surabaya tepat di depan pasar penjual barang-barang antik. Sama sekali tdiak terlihat sebuah café. Pintu masuknya adalah lorong sempit bernuansa biru dengan dekorasi bambu di kiri dan kanannya. Melewati Lorong adalah bangunan open space dengan dekorasi kursi dan meja kayu besar dengan dekorasi dinding kuning mencolok yang kontras dengan motif bata acak di sekitarnya. Area ini adalah area khusus pengunjung yang ingin merokok. Kami masuk ke ruangan dalam untuk area tidak merokok, suasanya unik dan antik, seperti café-café tua namun tetap instagrammable.




Yang kami suka, karyawan menyapa kami dengan ramah dan sangat professional. Mereka tidak mengenakan seragam sehingga lebih terlihat menyatu dan berbaur dengan pengunjung. Mereka mengarahkan kami ke area khusus untuk pengunjung yang membawa anak. Jarak antar meja dibuat berdekatan, dan kursi bar juga di buat berhadapan langsung dengan barista. Kami datang tanpa sarapan terlebih dahulu, sayang sekali karena Giyanti ternyata adalah tempat nongkrong-nongkrong cantik, hanya menyediakan kopi dan kue-kue tanpa penganan berat.


Kami memesan nastar cake yang di rekomendasikan oleh karyawan Giyanti, dan croffle, croissant waffle yang sedang naik daun akhir-akhir ini namun belum pernah saya cicipi. Untuk minumannya sendiri kami memesan flat white, Baby Cino dan satu menu kopi lagi yang saya lupa namanya.


Cake nastarnya terasa lembut, di tambah suasana hangat dan kekeluargaan yang dibawa oleh karyawan Giyanti membuat rasa cakenya sangat homey. Untuk croffle sendiri sejujurnya saya kurang suka, karena ini pertama kalinya saya mencicipi croffle, rasanya tekstur croissant memang lebih nikmat jika memakannya dalam bentuk croissant.


Kopinya sendiri terasa nikmat di setiap seduhanya, saya memang sengaja memesan kopi yang strong tapi sama sekali tidak membuat asam lambung saya naik. Saya sempat berbincang-bincang dengan barista, kopi di Giyanti memang mereka roasting sendiri di sore hari, dengan cita rasa yang berbeda dengan warung kopi lainnya. Ketika saya memesan biji kopi untuk di bawa pulang, bahkan barista dengan lihai menanyakan dulu kesukaan saya, apakah saya suka yang bitter, flowery, fruty, nutty, dll. Kopi yang di jual di Giyanti rata-rata memiliki tingkat keasaman yang rendah, sehingga cukup aman untuk lambung.




Bagi saya, obrolan kecil yang mengarahkan pembeli untuk membeli biji kopi sesuai kebutuhan pembeli bukan mengarahkan ke biji kopi yang paling laris atau paling mahal adalah daya tarik sendiri. Saya akhirnya membawa pulang sebungkus biji kopi arabica si raja biak untuk koleksi biji di rumah.



Mereka juga menyediakan menu minuman khusus untuk anak-anak, baby cino. Coklat panas yang di sajikan dalam mug dinosaurus lucu dengan marshmallow lembut sebagai pelengkap yang tak urung mampu membuat jatuh hati anak-anak. Menurut anak saya, ketika datang ke café atau restoran yang menyediakan menu khusus untuk anak-anak yang lucu, dia selalu merasa di istimewakan dan pastinya akan menjadi perbincangan untuk jangka waktu yang lama.


Sayangnya kami tidak duduk lama di Giyanti karena kami belum makan berat, jika ingin datangan ke tempat kopi yang hangat, ramah dengan karyawan yang professional, tidak ada salahnya datang ke Giyanti coffee, jangan lupa isi perut terlebih dahulu supaya bisa menikmati atmosfer giyanti yang kekeluargaan lebih lama.


Giyanti coffee roastery

Jl. Surabaya No.20, RT.15/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

0 komentar