• Imi Surapranata

COVID-19, konspirasi-kah???

Diperbarui: Agt 21

Kemarin saya mendapatkan kabar yang sangat tidak mengenakkan, dua orang yang saya kenal baik meninggal dunia karena COVID.


Sejak COVID ini resmi meng-'invasi' Indonesia rasanya kita seperti ada di sebuah alam drama gak sih? Terutama sejak pemerintah memberlakukan PSBB. Berita yang tidak kunjung berhenti, kepanikan yang terus menerus, rasa ketidakjelasan berbulan-bulan. Panik, marah, sedih, bosan, saya yakin pasti kita rasakan silih berganti


Bulan maret kasus COVID di Indonesia cuma hitungan jari, tapi ketakutan masyarakat sangat besar. Tapi lama terkurung di dalam rumah, belum ditambah yang harus kehilangan pekerjaan, membuat sebagian orang menganggap ini semua cuma permainan konspirasi belaka. Di bulan Juli kasus COVID di Indonesia terus bertambah, tapi masyarakat seakan tidak lagi mengenal takut.


Ada yang secara terang-terangan memfitnah tenaga medis, ada yang jelas-jelas mengolok-olok kebijakan pemerintah, ada yang menertawakan ketika saudaranya tes COVID dan hasilnya negatif.


Kemarin dua orang kenalan saya meninggal karena COVID


Disaat yang bersamaan, kenalan saya yang lain datang 'mencoba' mencuci otak saya tentang konspirasi.


Duh gusti...


Untuk yang merasa semua ini cuma permainan konspirasi, okelah, anggaplah pernyataan anda benar, mungkin ini cuma konspirasi. Lalu? Apa yang harus anda lakukan? Apa cuma tertawa dan mengolok-ngolok teman anda yang percaya akan COVID?


Diluar sana lebih dari 500.000 orang meninggal, di Indonesia sendiri sudah hampir 3.000 orang meninggal. okelah ini hanya konspirasi, lalu apa angka 500.000 ini cuma angka buatan? angka tebak-tebakan pemerintah dan siapapun yang membuat konspirasi ini? PEOPLE DID DIE, dan bukan saatnya anda hanya tertawa lalu jalan melenggang bebas tanpa masker dan protokol 'new normal' lainnya bukan?


Perang saudara di Suriah itu konspirasi, pengusiran etnis rohinya itu konspirasi, lalu apa anda hanya diam saja?

Jikalau, -catat : JIKALAU- memang COVID ini sebuah konspirasi, people died. menurut saya, yang harus anda lakukan bukan lantas ikut koar-koar tentang rencana busuk yang bahkan andapun tidak tahu siapa yang membuatnya, lalu mengolok-ngolok dan memfitnah orang-orang yang percaya


DO SOMETHING! lakukan sesuatu agar tidak bertambah lagi orang yang meninggal. Mungkin keberadaan virus ini hanya konspirasi, tapi virus ini sekarang sudah ada dan benar menyerang manusia. Itu yang harus anda pahami, dan itu yang harus anda coba atasi


kemarin kenalan saya meninggal karena COVID

dan menurut saya, mencegah kenalan saya yang lain meninggal itu lebih penting