• Imi Surapranata

Casa de Coffee SUKABUMI : Menikmati kopi di café antik dengan suasana gallery yang homey



Casa jika di terjemahkan bisa berarti a house, rumah. Sesuai namanya, casa de coffee ini membawa kita kembali ke rumah dalam suasana rumah bangsawan tempo dulu. Dengan bangunan tua putih khas bangunan Belanda yang di hiasi oleh jejeran pohon-pohon hias yang teduh di tambah udara Sukabumi siang hari yang tidak terik, seakan-akan kita seperti sedang menikmati kopi di rumah sendiri.



Interior dalam casa de coffee pun di buat nyaman dengan kursi-kursi kayu yang rendah di atas keramik lantai dengan motif etnik. Lukisan-lukisan hasil tangan dingin nan lihai para pelukis tampak menghiasi dinding. Alunan music jazz yang lembut dan dekorasi ruangan yang klasik mengingatkan saya akan café-café klasik yang pernah saya datangi di Malaka, seperti the daily fix café atau Sayyid anthique and café.


Menu yang di tawarkan casa de coffee memang tidak terlalu banyak, untuk minuman mereka menyediakan berbagai macam kopi, mojito, teh atau jus. Untuk menu penganan yang di tawarkan adalah menu penganan ringan khas Indonesia, sebut saja cireng, pisang goreng atau tahu goreng. Namun tidak perlu khawatir jika ingin menikmati makanan berat, casa de café terletak satu gedung dengan rumah makan khas parahyangan Bodram.


Siang itu kami memesan 3 buah minuman yang di rekomendasikan oleh teteh pelayannya; es kopi gula aren, strawberry sunset dan strawberry mojito. Es kopi gula arennya terasa nikmat dengan paduan espresso, susu dan gula aren. Kopinya terasa kuat dengan paduan bitterness and sweetness yang pas, serta aroma yang khas. Jika anda memang ingin menikmati secangkir kopi baik hangat maupun dingin sambil ngobrol-ngobrol santai dalam suasana rumah antik, casa de coffee dapat menjadi pilihan yang tepat.


Strawberry sunset merupakan paduan sirup strawberry dan sirup jeruk dengan potongan strawberry yang segar, sementara strawberry mojito terbuat dari campuran air soda, sirup strawberry, gula dan daun mint dengan potongan buah strawberry. Bagi saya strawberry sunset terasa lebih nikmat dan segar karena campuran asamnya sirup jeruk mampu mengimbangi pekatnya sirup strawberry, sementara strawberry mojito masih terasa kuat pekatnya sirup strawberry.



Untuk makan siang kami memesan nasi liwet, ayam goreng, empal goreng dan tempe goreng dari rumah makan bodram yang terletak satu gedung dengan cafe de casa. Menu yang di tawarkan dapat dipilih dalam bentuk prasmanan di atas tungku tanah liat yang tradisional. Ayamnya lunak dengan bumbu kuning yang sudah meresap dengan baik menawarkan rasa khas makanan sunda. Sementara empal gorengnya sendiri juga empuk dengan paduan rasa gurih dan manis yang pas. Dagingnya memang tidak besar, tapi tidak banyak kandungan lemaknya sehingga cukup untuk porsi makan satu orang.


Yang special dari café ini adalah suasananya yang sunyi, homey, asri dan santai di temani oleh suara-suara gemericik suara air. Pohon-pohon hias baik yang di gantung atau di letakkan di atas pot berbaris rapih menghiasi setiap sudut cafe, belum di tambah lukisan-lukisan indah yang tergantung di dinding-dinding cafe. Sangat nyaman jika ingin menghabiskan waktu yang lama di café ini untuk bekerja atau sekedar mencari inspirasi. Perpaduan hijaunya alam dan galeri lukis hasil karya manusia dalam suasana yang tenang. Sayangnya memang seluruh area cafe ini adalah area outdoor yang merupakan area smoking. Sehingga jika ada orang lain berkunjung dan merokok, suasana asri akan langsung lenyap oleh asap rokok.




Selain pepohonan dan lukisan-lukisan indah yang menghiasi dinding café ini, perkakas-perkakas tua dan antik juga mampak di seekeliling meja barista. Piringan-piringan hitam yang menampilkan penyanyi-penyayi tempo dulu, mesin pemutar piringan hitam yang tua dan klasik, telpon putar, radio usang, sampai berbagai macam kamera dari berbagai zaman.


Ternyata jika ingin menikmati suasana klasik tempo dulu, tidak perlu jauh2 pergi ke Malaka, cukup datang ke casa de coffee Sukabumi.


Casa de coffee Sukabumi

Jl. Surya Kencana No.29, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114

0 komentar